Selasa, 05 Agustus 2014

Tentang Tari Puspanjali

Tari Puspanjali



Tari Puspanjali
Salah satu persembahan para seniman lokal yang berkreasi dengan berbagai imajinatifnya menghasilkan sebuah tari tradisional yang memiliki citarasa seni tinggi dengan sebuah persembahan dengan nama Tari Puspanjali. Tarian yang biasanya ditarikan oleh anak perempuan ini menampilkan seni gerak tubuh dan tangan yang dinamis dan lemah gemulai. Innspirasi gerakan ini diambil dari gerakan tarian rejang yang biasanya ditarikan pada saat upacara agama di pura. Tari puspajali ini ditarikan secara berkelompok antara 5-7 orang.

Tari Puspanjali diciptakan  di tahun 1989 oleh N.L.N. Swasthi Wijaya Bandem dan dengan penata tabuh I Nyoman Windha, gerakan yang lembut, ritmis memang khas dan feminim sekali, gerakan-gerakan penari mudah dicerna, dan indah, sehingga para penari sepertinya wajib untuk bisa menarikan tarian ini, tarian ini merupakan sebuah tari sambutan, yang melukiskan para wanita menyambut dengan rasa hormat bagi para tamu yang datang, pada perkembangannya, sering ditampilkan pada acara-acara resmi menyambut tamu penting, dan sebagai tari hiburan yang indah dengan estetika seni tinggi.

2 komentar:

  1. Menurut saya informasi tentang tari puspanjali ini sangat membantu. Dengan ini saya dapat lebih memahami tentang Tari Puspanjali beserta sejarahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atasa komentarnya Nela..... semoga ada manfaatnya

      Hapus